EXE

File exe Adalah file yang ada pada software dengan ekstensi “. Exe” atau kita menyebutnya sebagai file eksekusi. pada saat kita klik pada file exe maka dia akan melakukan eksekusi sesuai perintah yang diprogram didalamnya, secara otomatis mengeksekusi kode didalamnya yang mengatur fungsi-fungsi. Kegunaan File Eksekusi ini adalah untuk menginstal atau mengendalikan program dan rutinitas. File eksekusi adalah salah satu bagian diantara banyaknya jenis-jenis file yang diakui  berbagai sistem operasi.

Berbeda dengan Teks file, yaitu file yang tidak menghasilkan kode tetapi hanya menampilkan tulisan-tulisan seperti yang anda baca saat ini, biasanya berakhir dengan txt. .doc dan lain-lain.

File eksekusi ini  tidak bertujuan  untuk dirubah/diedit. Disebabkan file exe  sering dipakai untuk program, kebanyakan file tersebut dilindungi undang- undang hak cipta, perjanjian lisensi per-koneksi yang dikeluarkan oleh pembuatnya. Merubah isi dari file exe adalah ilegal dalam kasus ini. terkecuali adalah perangkat lunak milik umum. Oleh karena potensi bahaya, saat mengunduh file tersebut maka kita terlebih dahulu memeriksanya dengan antivirus yang handal sebelum menjalankannya. Untuk tujuan ini, para ahli  keamanan merekomendasikan agar kita melakukan pengaturan pada browser agar situs yang berpotensi tidak bisa  menjalankan program tersebut secara otomatis

File eksekusi ( berektensi: .exe) merupakan  jenis file yang menentukan dan sangat berguna disebabkan file inilah yang melakukan perintah untuk menjalankan program-program yang ada, akan tetapi tidak semua file exe berguna, misalnya seperti virus komputer kebanyakan berekstesi sama dan membuat potensi berbahaya, disebabkan dapat dipakaisebagai sistem pengiriman virus atau kegiatan l yang lain. Banyak file exe yang terinfeksi bertebaran dan seperti mengajak kita untuk mengklik file tersebut disebabkan nama-namanya yang aneh-aneh yang membuat kita ingin tahu.

Jika meng-klik pada file exe berbahaya, selama beberapa jam atau hari berikutnya komputer mungkin menjadi tidak stabil. Seringkali pengguna tidak dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tertentu seperti kebutuhan untuk defragment atau scan disk. Keystrokes informasi pribadi atau sandi mungkin akan dicuri sebuah website yang tidak diketahui tanpa pengetahuan pengguna, atau mesin dapat menghapus file sendiri dan malapetaka akan terjadi. Namun sebenarnya skenario ini dapat dihindari dengan tidak mengklik pada file exe.