Solusi Meteran Digital PLN Bermasalah


Akhir-akhir ini Pihal PLN sepertinya sedang berbenah diri dalam penanganan Listrik terlebih pada bagian penagihan mereka, kemungkinan tidak ingin merepotkan diri dengan cara-cara lama, dimana mereka harus mencetak struk pembayaran listrik pada awal bulannya dan kemudian menagihnya ke pelanggan mereka.
 Baru-baru ini mereka mengeluarkan meteran digital, dimana konsumen akan mendapatkan penerangan dengan membeli terlebih dahulu Token yang berisi 20 digit angka dan kemudian kita isikan ke meteran digital tersebut untuk mendapatkan aliran listrik ke rumah.
Sebelumnya pasca bayar adalah kita akan membayar pemakaian bulan ini pada awal bulan berikutnya, namun lain halnya dengan meteran digital yang menggunakan nomor token ini, kita harus beli dulu tokennya untuk mendapatkan fasilitas listriknya (bayar dulu baru pakai).
Tapi ada hal yang sangat memprihatinkan dengan meteran digital tersebut bagi masyarakat awam, apakah ini karena peralatan tersebut terlalu canggih atau sebaliknya, sebab banyak laporan yang beredar bahwa sensitifitas dari meteran tersebut sangat tinggi, namun jika diperhatikan laporan tersebut adalah merupakan keluhan dari para pengguna jasa PLN tersebut.
Hingga banyak orang yang kecewa karena mungkin mereka kurang sosialisai  dari pihak terkait. Salah satu contoh beredar rumor bahwa meteran digital PLN ini jika terkena getaran, maka akan ada pesan yang muncul dimonitor seperti kata Periksa yang berujung ke aliran listrik yang terputus, dan untuk mengembalikannya ke keadaan Normal maka harus pihak terkaitlah yang melakukannya. Bisa dibayangkan di lokasi kita didaerah pedalaman sementara kantor pelayanannya jauh dari lokasi maka kita harus jauh-jauh ke kantornya dan bersabar menunggu respon mereka untuk memperbaikinya.
Istilah mereka adalah Kode Tamper (menghilangkan kata periksa tersebut), dan hanya merekalah yang mengerti itu. Banyak laporan disana-sini tentang hal ini, apakah ini sebuah solusi yang baik jika hal ini dilakukan untuk menghindari pencurian arus listrik? Aneh bukan, namun itulah cara kerja Meteran Listrik Digital tersebut.
Berikut tips sederhana mengatasi masalah Periksa yang muncul dimonitor Meteran Digital tersebut :
1.            Matikan semua jaringan listrik baik didalam maupun luar rumah
2.            Nyalakan kembali posisi meter digital ke on (cek apakah masih ada periksa, jika ya berarti dari jaringan luar)
3.             Tekan tombol reset biasanya 00 enter atau anda coba panduan kode khusus
4.            Jika dilayar sudah tidak ada tanda periksa atau cancel, silahkan nyalakan kontrol listrik bagian dalam (mcb / sekring on)
5.            Jika ternyata keluar periksa/cancel kembali maka bagian jaringan dalam anda bermasalah.

Namun ada baiknya untuk penanganan jika terjadi error atau kerusakan lainnya pada meteran tersebut, untuk meminta pihak terkait yaitu petugas PLN dalam penanganannya karena merekalah pihak yang berkompeten.



















0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan memberi komentar.